29 Oktober 2006

Buku Terburuk...

Saya baru saja membeli buku yang berjudul 'Agenda Politik Internasional'. Buku itu ditulis oleh Lynn H. Miller dengan judul aslinya 'Global Order : Values and Power in International Politics'. Sekilas ketika saya membaca ringkasan buku tersebut di sampul belakang, isinya sangat menarik. Salah satu hal yang menarik bagi saya adalah (dalam ringkasan tersebut) tertulis : '...melukiskan hubungan AS-Uni Soviet pra dan pasca Perang Dingin...' , '...peran AS di Nikaragua, peran Uni Soviet di Afghanistan..' , '...transformasi Eropa...' , '...masa depan bagi dunia pasca Perang Dingin..'

Beberapa kalimat tersebut sangat menarik bagi saya, dan sayangnya di toko buku Gramedia buku tersebut terbungkus oleh plastik vakum sehingga tidak mungkin bagi saya untuk membacanya terlebih dahulu.

Sesampai di rumah, saya langsung membuka bungkus dan langung membacanya. Pada daftar isi terdapat banyak hal yang benar - benar menarik!. Misalnya : Kemunculan Bipolaritas, Keamanan Kolektif, Realisme versus Idealisme dalam Politik Internasional, Senjata Nuklir dan Negara sasaran. Menurut saya, judul dari sub bab - sub bab tersebut benar - benar luar biasa dan saya tidak sabar membacanya.

Baru sekitar 5 paragraf saya membaca bab pertama, saya mulai sedikit kecewa. Bahasa Indonesia yang tertulis sangat kacau!. Saya sadar bahwa saya sendiri dalam menulis sesuatu pasti struktur Bahasa Indonesia saya kacau, tapi ini lebih kacau!!. Ketika saya teruskan untuk membaca, semakin saya tidak mengerti maksud dari kalimat - kalimat yang ada dalam buku itu.

Terjemahan yang buruk dan struktur penulisan bahasa yang sangat kacau membuat saya merana. Buku ini diterbitkan oleh "Pustaka Pelajar" yang bermarkas di Jogjakarta, dan penerjemahnya bernama Daryatno. Saya sama sekali tidak mengerti mengapa buku dengan terjemahan terburuk ini bisa dijual ke pasar...apakah Pustaka Pelajar tidak memiliki orang untuk melakukan cek akhir sebelum naik cetak? atau seorang Editor yang handal??

Saya tidak bermaksud untuk menjatuhkan penerbit tertentu, tapi ini benar - benar BUKU TERBURUK yang pernah saya baca!!. Saya sangat menyesalkan mengapa buku sebagus ini tidak dapat diterjemahkan dengan baik oleh si penterjemah. Buku ini sebenarnya sangat bagus dan pasti akan memberikan banyak pandangan baru terhadap situasi politik masa kini, tapi...BUKU INI BENAR - BENAR BURUK!!! IT SUCK ASS!!!

Bagi yang belum membelinya, saya sangat menyarankan JANGAN MEMBELI!!, jika penasaran lebih baik anda pergi ke toko buku dan cari buku ini, lalu jika buku ini tidak terbungkus plastik vakum lebih baik anda membacanya terlebih dahulu.

Tidak ada komentar:

Does How You Dress and Look Impact Your Career? Sadly, Yes

Ada artikel bagus tentang istilah : DRESS FOR SUCCESS.. : Years ago I worked on the shop floor of a manufacturing plant. I had worked my w...