09 November 2006

Psikologi Politik

Psikologi Politik merupakan satu kajian ilmu 'inter disipliner' antara ilmu politik dengan ilmu psikologi. Kajian utama dari hubungan antara Psikologi dan Politik adalah berkaitan dengan pikiran, emosi, dan perilaku manusia dalam politik. Contoh aspek yang diteliti dalam psikologi politik adalah, pemerintahan, aktor pengambil keputusan, organisasi internasional dan partai - partai politik.

Penggabungan antara konsep dan teori ilmu Psikologi dengan ilmu Politik merupakan hal yang sangat mengesankan. Perspektif Psikologi Politik dapat memberikan satu bentuk analisa yang lebih komprehensif terhadap sebuah fenomena politik. Politik tidak lepas dari seorang aktor politik, entitas politik dan tata pemerintahan politik. Setiap aspek tersebut sangat berkaitan erat dengan individu (manusia) sebagai pelaksana politik.

Literatur Psikologi Politik di Indonesia (sejauh pemantauan saya) masih sangat sulit untuk ditemukan. Beberapa kali saya mengunjungi CSIS, LIPI dan perpustakaan - perpustakaan fakultas di Universitas Indonesia, saya tetap menemui kesulitan untuk menemukan kajian ilmu 'inter disipliner' ini.

Psikologi Politik, tampaknya masih sangat langka di Indonesia...

Tidak ada komentar:

Does How You Dress and Look Impact Your Career? Sadly, Yes

Ada artikel bagus tentang istilah : DRESS FOR SUCCESS.. : Years ago I worked on the shop floor of a manufacturing plant. I had worked my w...