02 Maret 2011

You Have to Earn It!

Saya tiba-tiba teringat percakapan antara saya dengan teman baik saya pada tahun 2007 silam. Ia secara tiba-tiba membahas mengenai kata earn dan menantang saya untuk menjelaskan kepadanya makna dan arti kata tersebut dalam kehidupan sehari-hari atau  menurut kamus.

Saya menjelaskan bahwa earn dalam bahasa Indonesia berarti mendapatkan atau memperoleh sesuatu lalu ia mengucapkan satu kalimat dan percakapan dalam bahasa Inggris : “You want that Ferrari? you have to earn it” dan “You have a great house and cars!” , “Everyday i work hard and full dedication, so i earned it”.

Ia menjelaskan bahwa makna earn sesungguhnya bukan mendapatkan atau memperoleh sesuatu karena jika mendapatkan atau memperoleh maka sesuatu yang didapat bukan berdasarkan hasil usaha tetapi pemberian. Ia kemudian mengaitkan makna earn dengan kehidupan sehari-hari, ia membandingkan semangat dan pola kehidupan antara orang Indonesia dengan bule di mana kata earn itu berasal.

Dari hal kecil tersebut ia menjelaskan mengapa orang Indonesia (tidak semuanya tetapi hampir semuanya) itu malas, gemar korupsi, berbuat curang, tidak adil dan suka yang serba instant. Earn tidak memiliki arti bagi orang Indonesia, karena sesungguhnya earn itu bukan hanya mendapatkan atau memperoleh sesuatu tetapi lebih kepada berusaha sendiri sekuat tenaga lalu mendapatkan atau memperoleh sesuatu karena hasil jerih payahnya sendiri.

Mungkinkah karena Indonesia tidak dapat mengartikan earn sesuai dengan konteks sebenarnya sehingga dari sini dapat mencerminkan bahwa memang benar orang Indonesia ini pemalas, gemar korupsi, berbuat curang, tidak adil dan serba instant karena enggan untuk bersusah payah berusaha untuk mendapatkan atau memperoleh sesuatu?.

Menurut saya, argumen yang ia sampaikan ada benarnya..

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Saya juga setuju. Btw, saya kesini karena mencari terjemahan yg tepat utk "earn"

Does How You Dress and Look Impact Your Career? Sadly, Yes

Ada artikel bagus tentang istilah : DRESS FOR SUCCESS.. : Years ago I worked on the shop floor of a manufacturing plant. I had worked my w...