21 Februari 2011

Uncertainty

Dahulu sangat menggebu-gebu untuk mendapatkan satu peluang. Kini, setelah peluang itu nongkrong di depan mata tiba-tiba saja ‘semangat’ mencari peluang yang pernah membara itu lenyap seketika.

Sebelumnya, ketika peluang berada persis di depan mata, ia tidak perlu lagi berpikir panjang sehingga langsung dicoba. Soal peluang itu bagus atau tidak adalah ‘gimana nanti’ tapi ia sekarang merasakan ‘nanti gimana’.

Kini ia harus berpikir keras dengan penuh pertimbangan mengenai peluang yang sudah dua hari berada di depan matanya. Pada saat ‘krisis’ seperti saat ini, ia mungkin berpikir bahwa peluang tersebut merupakan jawaban atas kesulitan-kesulitan yang ia hadapi saat ini tetapi di sisi lain ia mempertimbangkan mengenai pengalaman-pengalaman sebelumnya. Saat ini, ia sangat berhati-hati tidak ingin ‘jatuh pada lubang yang sama’ karena hanya keledai yang melakukan hal itu.

Ketidakberdayaan untuk menentukan sikap dan keputusan, menurut saya, adalah hal yang paling menyiksa. Kelompok lawak WARKOP pernah merilis film dengan judul ‘maju kena mundur kena’ semuanya tidak ada yang lebih baik, semuanya menyesakkan hati dan pikiran.

Ia sebenarnya paham mengapa ia belum juga bisa menentukan sikap & keputusan. Ia khawatir keputusan yang akan ia ambil merupakan keputusan subjektif. Ia sangat menginginkan bahwa keputusan untuk mengambil peluang tersebut adalah hasil dari pertimbangan yang sangat objektif, meski ia juga khawatir akankah peluang lain datang sebelum semuanya terlambat.

Saat ini, ia memang dalam kondisi yang ‘tidak begitu’ menguntungkan sehingga kalau ada sedikit ‘godaan’ maka sesegera itulah ia bisa ‘goyah’ tetapi untuk menuju langkah selanjutnya ia tidak bisa menentukan sikap & keputusan.

Semoga saja, ia sudah bisa menentukan sikap & keputusan karena dalam waktu dekat peluang tersebut akan menagihnya.

Tidak ada komentar:

Does How You Dress and Look Impact Your Career? Sadly, Yes

Ada artikel bagus tentang istilah : DRESS FOR SUCCESS.. : Years ago I worked on the shop floor of a manufacturing plant. I had worked my w...