18 Februari 2011

Mundurnya seorang prajurit..

Semua pimpinan pasti sepakat kalau kinerja suatu tim bergantung dengan para anggota timnya, seorang pimpinan bertanggungjawab untuk mengelola, mengarahkan dan memastikan tujuan suatu tim tercapai.

Sebenarnya seberapa besar sih peran para anggota tersebut?. Ya, jelas..saling menguntungkan bukan saling merugikan. Bayangkan saja, jika dalam permainan catur, tidak ada pion yang berada di garis depan maka semua pejabat catur itu langsung bisa “dimakan” oleh lawan dan luluh lantaklah.

Mungkin perumpamaan di atas kasar, tapi memang seperti itulah medan bisnis / usaha yang harus didukung oleh seluruh tim yang ada. Keselamatan “raja” merupakan tanggung jawab seluruh tim dan keselamatan “tim” berada di tangan “raja” yang wajib memahami kondisi taktis medan yang dihadapi.

Hal sederhana di atas tidak selalu dipahami oleh beberapa “raja” sehingga yang muncul adalah kesan menyelamatkan diri sendiri tanpa harus berpikir taktis. Bagaimana “raja” tetap bisa berdiri dengan “mengorbankan” tim yang ada sehingga kehilangan satu “pion” bukan merupakan kerugian berarti.

Seperti kata seorang teman baik saya, setiap “raja” selalu punya rencana dan niat yang berbeda. Kalo punya rencana dan niat untuk keuntungan sendiri ya begitu lah ceritanya, tapi kalo punya rencana dan niat untuk maju bersama pasti akan dinamis yang positif!.

Tidak ada komentar:

Does How You Dress and Look Impact Your Career? Sadly, Yes

Ada artikel bagus tentang istilah : DRESS FOR SUCCESS.. : Years ago I worked on the shop floor of a manufacturing plant. I had worked my w...