17 Februari 2011

Big Boss..

Berbeda tidak selamanya buruk asalkan siap atas dampak yang muncul dan bukan bersikap berbeda tapi tidak mau tahu. Menjadi seorang pemimpin memang membutuhkan nyali yang besar dan berani bertanggungjawab penuh atas keberlangsungan organisasi yang ia pimpin.

Menjadi sebuah permasalah adalah bila seseorang berupaya menjadi berbeda tetapi bersikap “tidak mau tahu” dan selalu bertitah “pokoknya” atau “harus”.

Menjadi seorang pemimpin tidak semudah “tunjuk sana, tunjuk sini”, berkata “harus begini, harus begitu” atau “pokoknya harus”. Mengerti, paham dan tahu situasi kondisi sepertinya hal hakiki yang harus dimiliki oleh setiap tenaga kerja profesional. Begitu juga seharusnya dimiliki oleh seorang pemimpin. Menjadi seorang pemimpin tidak perlu bersikap “harus ditakuti” atau “harus disegani” yang penting perduli dengan keadaan, anak buah dan keadaan.

Memang, banyak tipe orang di tempat kerja, ada yang populer, ada yang ingin ditakuti, ada yang menjaga diri (ja’im), ada yang cengengesan, ada yang lemot dsb. Organisasi itu kan seperti segerombolan manusia yang berada di dalam sebuah lingkaran. Segerombolan manusia tersebut membutuhkan satu manusia yang berperan sebagai pengarah (director) yang paham kondisi kerja, paham roda bisnis perusahaan, paham atas seluruh proses operasional perusahaan dan paham bagaimana berorganisasi.

“Saya orangnya simple, tidak perlu ada koordinasi, kalau saya bisa langsung instruksikan seseorang dengan mudah kenapa saya harus membicarakannya ke atasannya? Toh, saya ini atasan semua orang di sini!”

Sepenggal kutipan pernyataan di atas adalah penutup dari artikel singkat saya ini, saya hanya ingin tahu kira – kira apa pendapat para pembaca atau yang kebetulan mampir di blog saya ini setelah membaca seluruh artikel saya dan mencamkan penggalan kutipan tersebut di atas.

Well? we all know that we were born to be a leader, but we should know our limitations so that we can achieve more with our superior abilities…

Tidak ada komentar:

Does How You Dress and Look Impact Your Career? Sadly, Yes

Ada artikel bagus tentang istilah : DRESS FOR SUCCESS.. : Years ago I worked on the shop floor of a manufacturing plant. I had worked my w...