19 Mei 2006

DaVinci Code : The Movie

hari ini saya menonton film yang paling ditunggu. DaVinci Code, yang lebih dulu terkenal karena kontroversi ilmiah yang ditulis oleh Dan Brown mengenai "ketuhanan" dari Nabi Isa. Sebegitu cerdasnya Dan Brown mengumpulkan informasi - informasi dan kemudian menulis satu buku..dan dicerca juga dipuji banyak orang!. Bagi yang mengikuti perkembangan cerita ini, pasti mengerti jika saya menyebutkan muncul banyak buku untuk menyangkal maupun membenarkan buku tulisan Dan Brown.

saya akan mengeyampingkan dahulu asal mula DaVinci Code : The Movie ini berasal, saya akan mencoba memberikan pandangan saya dari apa yang saya tonton baru saja. Adaptasi dari buku yang cukup baik, mampu memberikan penjelasan secara visual dengan sangat baik (rasa penasaran saya tentang bentuk Cryptex, Makam Sir Issac Newton, Kunci 3 kelopak Biarawan Sion, karakter Silas). Secara visual saya memberikan penilaian yang sempurna. Ron Howard sebagai sutradara tepat memilih Tom Hanks untuk berperan sebagai Robert Langdon, tapi untuk pemeran Sophie Neuveu...saya kurang setuju..masih banyak aktris lain yang tampaknya bisa memerankan tokoh Sophie dengan lebih baik.

dari sisi alur cerita, semua sama persis seperti yang tertulis dalam buku Dan Brown. Meski banyak terdapat banyak hal yang tidak disampaikan dalam filmnya. Tetapi secara keseluruhan merasa kecewa terhadap film tersebut. Entah kenapa banyak sekali dialog yang tidak diterjemahkan, padahal bagian - bagian yang terpenting, mungkin untuk menjaga perasaan umat Kristiani?. Saya jadi teringat film jaman dulu "True Lies" yang banyak ditentang kaum Islam dunia termasuk Indonesia yang jelas - jelas memojokkan umat muslim dengan menggambarkan umat muslim "pasti" teroris/penjahat..semua dialog diterjemahkan!!, apa ini? semacam politisasi hiburan Indonesia? ada kepentingan satu pihak yang harus dijaga?bukankah film adalah hiburan?kalau yang ditakutkan adalah mengganggu keimanan seorang umat Kristiani??menurut saya jika iman-nya kuat maka tidak perlu takut kan?......bisa saya simpulkan sendiri.

kekecewaan kedua, tadinya saya berharap setelah saya menonton film tersebut saya akan merasa puas...tapi ternyata tidak. Susah untuk menjelaskan, tetapi saya merasakan ada sesuatu yang "kurang" dalam film itu...saya hanya bisa membahasakannya dengan "kurang nendang"...saya benar - benar tidak puas..dan saya tidak tahu apa yang menyebabkan saya tidak puas. Kurang "action-packed" mungkin?? saya berharap akan seru seperti film Indiana Jones..tapi i don't know...saya benar - benar tidak puas. Saya hanya mendapatkan visualisasi dari apa yang saya pernah baca, tetapi saya tidak mendapatkan apa - apa dari film tersebut...saya tidak puas.

nilai akhir untuk film DaVinci Code : 2 out of 5

1 komentar:

AryaNst mengatakan...

Paaaak... Review Superman Returns-nya dooonk! =)

Does How You Dress and Look Impact Your Career? Sadly, Yes

Ada artikel bagus tentang istilah : DRESS FOR SUCCESS.. : Years ago I worked on the shop floor of a manufacturing plant. I had worked my w...