07 Juli 2006

Superman Returns


Sejak 2004 saya menunggu film ini untuk dirilis. Yeah, sejak 2004!. Pertama kali menemukan situs yang membahas mengenai film SuperMan tersebut pada bulan April 2004, damn..penantian terlama.

Okelah, terlepas dari lamanya saya menunggu saya akan coba untuk me-review hasil menonton film tersebut pada acara HBO ASIA Indonesian Premiere of SuperMan Returns. Seperti kita tahu film Superman Returns baru diputar di bioskop - bioskop Indonesia pada tanggal 29 Juni 2006 kan? tapi karena saya mendapatkan undangan dari HBO ASIA maka saya menonton pada tanggal 27 Juni 2006 di Plasa Senayan..kesimpulannya, saya dan para undangan merupakan orang pertama yang menonton film Superman Returns di seluruh Indonesia!! YEAAHHH!!! inilah bukti nyata bahwa saya memang benar-benar SUPERMAN HARDCORE FAN!..damn! thanks HBO ASIA untuk undangannya!. Oke, mungkin pada artikel berbeda saya akan me-review acara Premiere Superman Returns..sekarang saya ingin me-review filmnya dulu.

Bryan Singer (sutradara), menurut saya :
01. Berani mengacak - acak sejarah superhero ini. Kita semua tau bahwa SuperBoy merupakan karakter SuperMan ketika masih muda tapi dalam film ini SuperBoy adalah anak SuperMan!..(what the f*&k?!).
02. SuperMan yang terlalu "manusia". Dari semua film SuperMan (I-IV) yang pernah saya tonton, baru dalam film ini karakter SuperMan dibuat menyerupai "manusia" alias memiliki kelemahan - kelemahan layaknya manusia (kecuali Kryptonite oke?). Bryan Singer tidak takut untuk memperlihatkan sisi manusia dari SuperMan di film ini (SuperMan's Crying??!?! What?!). Bukannya tidak boleh seorang superhero memiliki kelemahan tapi jangan terlalu didramatisir aja!, selama ini karakter SuperMan adalah karakter superhero terkuat, paling tegar dan tidak memiliki kelemahan tapi di film ini semua diacak-acak.
03. Jerry Siegel dan Joe Shuster (pencipta SuperMan) kalau masih hidup pasti akan menangis terharu melihat karakter mereka (dalam film ini). Saya mengakui bahwa film ini memang merubah cara pandang jutaan fans SuperMan di seluruh dunia. SuperMan was changed to something more 'soft' , para pembaca tahu mengenai 'soft power' ?. Kalau boleh saya mengutip ucapan teman baik saya, Roy, dia bilang bahwa SuperMan sekarang udah berkhianat. SuperMan yang beraliran Feminis!. Setelah saya melihat film itu, saya setuju dan damn..teman saya ini memang luar biasa cerdas.

Tiga hal di atas merupakan keberanian Bryan Singer dalam pembentukan karakter SuperMan yang baru. Selanjutnya, Brandon Routh (SuperMan / Clark Kent) membuat saya sedikit tercengang. Profil mukanya sangat mirip dengan almarhum Christopher Reeves!, apakah film SuperMan sudah memiliki standar bahwa calon SuperMan harus seperti Christopher Reeves?!? but whatever-lah. Brandon Routh terlihat baik dalam memerankan tokoh superhero terhebat sepanjang masa ini. Kate Bosworth (Lois Lane) ini bagian yang paling mengecewakan bagi saya!, Kate Bosworth??? awalnya saya sudah sangat kegirangan ketika pemeran Lois Lane mulanya adalah Keri Russel..lha menit - menit terakhir produksi tiba - tiba Kate Bosworth?! what?!?! intinya saya kecewa berat dengan pemilihan pemeran Lois Lane.

Film yang berdurasi 3 jam ini menyuguhkan tontonan yang "biasa-biasa" saja. Bagi para penggemar SuperMan film ini memang wajib dikoleksi, tapi kalau untuk menjadi film SuperMan paling favorit mungkin tidak. Film ini tidak terlalu 'hard packed with action', malah kalau boleh saya mengkategorikan film ini, kategori film ini drama/action bukan action/drama (get it?). Yang menarik adalah ternyata film ini bukan re-make (thank god!!!) tetapi membuat sesuatu yang baru. Awal ceritanya adalah 5 tahun SuperMan menghilang untuk mencari planet Krypton krn menurut para astronom planet tersebut masih eksis. Setelah itu SuperMan kembali lagi ke Bumi dengan cara yang sama (maksudnya seperti ketika ia masih bayi dimasukkan dalam pesawat alien).

Info terakhir yang saya dapatkan, Hollywood kini punya kebiasaan baru dalam memproduksi film. Semua serba trilogi, so....mari kita tunggu kelanjutannya dan konon kabar pada seri SuperMan yang terakhir tokoh ini akan mati di tangan Doomsday. Shit.

Untuk penilaian dengan berat hati saya hanya memberikan : 4 out of 5 (so sorry SuperMan, but that's my opinion)


1 komentar:

AryaNst mengatakan...

Oooh, jadi itu kejutannya... Superman punya anak. Ah elu Vin, spoiler gitu sih nge-review, hehe...

Does How You Dress and Look Impact Your Career? Sadly, Yes

Ada artikel bagus tentang istilah : DRESS FOR SUCCESS.. : Years ago I worked on the shop floor of a manufacturing plant. I had worked my w...