11 Oktober 2006

Berbahasa yang tidak tertib

Hal yang paling sulit untuk saya lakukan adalah...menulis ucapan terima-kasih di halaman utama tesis saya. Saya ini bukan tipe orang yang suka basa-basi (anti non-sense attitude)...kalimat yg pertama melintas di kepala saya adalah : God damn it...i finally did it...

Sejujurnya hanya itu yang terlintas di kepala...mungkin saya ini mengalami "miskin kosakata", bisa jadi. Dalam proses penulisan tesis, sejujurnya, untuk masalah "edit mengedit" saya menyerahkan ke teman baik saya. Struktur bahasa Indonesia saya sangat tidak tertib, itu ucapan teman baik saya. Penggunaan bahasa dalam tesis saya merupakan bahasa lisan jadi tidak ada hukum S-P-O-K. Whew...saya baru tahu itu.

Sejak dulu, saya memang tidak pernah memperhatikan rumus/kaidah S-P-O-K baik untuk bahasa Indonesia, Inggris dan bahasa asing lainnya. Saya berbicara atas perintah otak saya, saya mengerti karena saya terbiasa. Saya memahami bahasa bukan atas dasar rumus/kaidah tapi atas dasar terbiasa...mungkin inilah kelemahan saya. Saya terlalu "cuek" dengan hal - hal seperti itu.

Mungkin terdengar aneh, bagaimana mungkin saya mengerti suatu bahasa tanpa mengerti kaidah/rumus/struktur bahasa yang saya maksud?. Saya tidak pernah tahu apa itu "Past Tense", "Present Tense", "Present Continous Tense", bla...bla...bla. But come on! ask me to say something in English or maybe talk to me. I can answer and
interact with you very well indeed!. Well, setidaknya bahasa Inggris saya ini pernah saya gunakan ketika di Amsterdam, tepatnya di Universiteit van Amsterdam, untuk berinteraksi dengan sesama mahasiswa dan dengan para profesor di sana. No problem tuh??.

Mungkin saya memang "miskin kosakata", kurang membaca? kurang memperhatikan? atau kurang (di)ajar?

I don't know, Non ho so, Tidak tahu...

Tidak ada komentar:

Does How You Dress and Look Impact Your Career? Sadly, Yes

Ada artikel bagus tentang istilah : DRESS FOR SUCCESS.. : Years ago I worked on the shop floor of a manufacturing plant. I had worked my w...