28 Maret 2011

9 Tipe Kepribadian Manusia..

Menurut Baron & Wagele (1994), terdapat sembilan tipe kepribadian manusia, yakni perfeksionis, penolong, pengejar prestasi, romantis, pengamat, pencemas, petualang, pejuang dan pendamai. Setiap manusia, menurut saya, tidak terlahir dengan tipe kepribadian tertentu tetapi terbentuk karena lingkungan hidup dan bagaimana seorang anak dibesarkan dalam sebuah keluarga.

Tipe kepribadian tertentu akan menjadi dominan seiring dengan intensitas waktu dimana seseorang melewati masa kanak-kanak hingga menjelang dewasa (remaja). Misalnya, seseorang dengan tipe kepribadian pencemas. Mungkin saja, ia dibesarkan dalam situasi / lingkungan yang tidak pernah mendorongnya untuk melakukan segala sesuatu hal sendiri tetapi selalu dengan bantuan dari pihak lain (saudara kandung atau orang tua). Pada suatu saat ia berada jauh dari saudara atau keluarga yang terbiasa memikirkan, melakukan sesuatu untuknya maka perasaan cemas atau khawatir berlebihan akan muncul. Ini merupakan contoh sederhana dan kecil saja, tapi saya ingin mencoba berbagi pendapat dari Baron & Wagele (1994) mengenai sembilan tipe kepribadian manusia.

1. Perfeksionis : orang dengan tipe ini termotivasi oleh kebutuhan untuk hidup dengan benar, memperbaiki diri sendiri dan orang lain dan menghindari marah.

2. Penolong : dimotivasi oleh kebutuhan untuk dicintai dan dihargai, mengekspresikan perasaan positif pada orang lain dan menghindari kesan membutuhkan.

3. Pengejar prestasi : termotivasi oleh kebutuhan untuk menjadi orang yang produktif, meraih kesuksesan, dan terhindar dari kegagalan.

4. Romantis : termotivasi oleh kebutuhan untuk memahami perasaan diri sendiri serta dipahami orang lain, menemukan makna hidup dan menghindari citra diri yang biasa-biasa saja.

5. Pengamat : termotivasi oleh kebutuhan untuk mengetahui segala sesuatu dan alam semesta, merasa cukup dengan diri sendiri dan menjaga jarak serta menghindari kesan bodoh atau tidak memiliki jawaban.

6. Pencemas : termotivasi oleh kebutuhan untuk mendapatkan persetujuan, merasa diperhatikan dan terhindar dari kesan pemberontak.

7. Petualang : termotivasi oleh kebutuhan untuk merasa bahagia serta merencanakan hal – hal menyenangkan, memberi sumbangsih pada dunia dan terhindar dari derita dan dukacita.

8. Pejuang : termotivasi oleh kebutuhan untuk dapat mengandalkan diri sendiri, kuat, memberi pengaruh pada dunia dan terhindar dari kesan lemah.

9. Pendamai : termotivasi oleh kebutuhan untuk menjaga kedamaian, menyatu dengan orang lain dan menghindari konflik.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

This is very interesting, You're a very skilled blogger. I've joined your feed and look forward to seeking more of your magnificent post. Also, I've shared your website in my social networks!

Admin mengatakan...

izin copy paste

Does How You Dress and Look Impact Your Career? Sadly, Yes

Ada artikel bagus tentang istilah : DRESS FOR SUCCESS.. : Years ago I worked on the shop floor of a manufacturing plant. I had worked my w...